Pertanyaan ini sering diajukan kepada saya , harus gak sih punya website untuk berbisnis secara online? terus , apa keuntunganya punya wesbsite sendiri ? jawabannya bisa ya , bisa tidak .Tergantung dari besarnya bisnis Anda, dan berapa lama Anda sudah jualan produk via online.

Jika Anda baru memulai bisnis online, saya sarankan segera jalankan ide Anda tanpa perlu menimbang-nimbang apakah harus membangun website atau tidak. Karena jika masih mikir tentang hal ini, bisa-bisa Anda ketinggalan kereta dengan yang lain. Anda langsung saja action jualan melalui social media : Facebook, twitter , instagram dan lain-lain. atau melalui forum jual beli / FJB di kaskus , bukalapak, tokopedia atau forum kompas juga Anda sudah bisa jualan, sudah bisa menghasilkan uang.

haruskah membangun website bisnis onlineNah, di sini Anda bisa belajar banyak bagaimana jualan yang benar di social media atau forum jual beli. Banyak hal yang bisa Anda pelajari, misalnya seberapa unik dan menarik sih produk anda di mata calon pembeli, harga produk  dan berapa margin yang Anda dapatkan, lihat pesaing yang menjual produk yang sama, apa kelebihan dan kekurangan produk pesaing menurut Anda. Dari sini Anda bisa membuat kalkulasi dan analisa bisnis. Yah, analisa kecil-kecilan lha..ga usah membayangkan yang ruwet. Intinya sih Anda bisa membuat evaluasi sehingga bisnis anda berkembang sedikit demi sedikit. Yang penting anda sudah bisa jualan dan anda sudah meraba peta kekuatan produk anda dan pesaing Anda. Mudah khan bro / sis?

Nah, setelah jualan Anda berkembang maju, ingat jangan terlena hanya jualan di media social media dan forum jual beli. Mulai fikirkan dan segera membuat website dengan nama domain dan hosting sendiri. Jika belum bisa membuat website sendiri bisa pesan ke jasa pembuatan toko online, tanyakan berapa biaya pembuatan web toko online tersebut, sekali bangun atau ada biaya maintenance. Kebanyakan sih hanya mematok jasa pembuatan web toko online sekali di muka. Biaya maintenance kalau Anda juga meminta jasa SEO (Search Engine Optimation) sekaligus. Biaya SEO ini yang lumayan mahal , tergatung kerumitan kata kunci yang tersedia dan banyaknya pesaing.

Kenapa harus membuat website sendiri setelah jualan Anda berkembang ? saya coba rangkum beberapa keuntungan jika sudah punya website / toko online sendiri:

  1. Meningkatkan brand produk Anda di mata customer
  2. Meningkatkan kepercayaan / trust di mata calon pembeli
  3. Sebagai rumah utama dan gateway dari semua alamat web jualan Anda.Jadi semua lalu lintas produk Anda, bermuara di website Anda.
  4. Mengelola produk jualan Anda lebih mudah dan rapih
  5. Bisa menjangkau lebih banyak lagi calon pembeli, semisal anda jualan sepatu cibandut bandung , maka produk anda bisa dilihat calon pembeli dari Malaysia , Singapura tanpa harus listing di media social / FJB
  6. Bisnis jualan Anda bertahan lama tanpa perlu takut dihapus oleh socialmedia / FJB tanpa alasan yang jelas
  7. Bisa mengupdate informasi produk dengan cepat dan mudah.
  8. Tanpa harus terus memonitor transaksi penjualan karena tersedia sistem keranjang online

Itulah alasan mengapa harus mempunyai website bisnis online sendiri. Web toko online tersebut harus benar-benar menarik dari segi tampilan , warna yang cerah, themes yang responsive sehingga saat diakses di smartphone sangat mudah, berisi konten yang selalu up to date , mudah dan cepat diakses oleh customer. Bagaiamana tampilan dan navigasi yang baik serta konten yang menarik sebuah website bisnis / toko online nanti saya tulis dalam versi tersendiri. Wassalam dan terima kasih .

Haruskah Memiliki Website Untuk Bisnis Online?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *